Sistem Peredaran Darah


Darah mengalir ke seluruh tubuh manusia melalui sistem peredaran darah. sistem peredaran darah didukung oleh alat-alat peredaran darah, yaitu jantung dan pembuluh darah.

  • Darah berfungsi: sebagai alat pengangkut, sebagai alat pertahanan tubuh dari penyakit, sebagai pengatur suhu tubuh, dan melakukan proses pembekuan darah.
  • darah tersusun atas sel-sel darah dan plasma darah. sel-sel darah terdiri dari sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah.
    Plasma darah terdiri dari 90 % air dan 10 % zat-zat terlarut.sel darah merah berbentuk bulat pipih, cekung di tengah, dan tidak memiliki inti sel. sel darah merah mengandung hemoglobin yang memberikan warna merah pada darah. sel darah putih tidak memiliki bentuk tetap, dan memiliki inti sel. sel darah putih terdiri dari neutrofil, basofil, eosinofil, monosit, dan limfosit. keping darah memiliki bentuk yang tidak teratur dan tidak memiliki inti sel. plasma darah berwarna kekuningan dan berfungsi sebagai pengangkut sari makanan, hormon, dan zat sis metabolisme.
  • jantung terletak dalam rongga dada sebelah kiri diatas diafragma
  • jantung memiliki empat ruang, yaitu serambi kiri,serambi kanan, bilik kiri, dan bilik kanan. antara serambi kiri dan bilik kiri terdapat valvula bikuspidalis. antara serambi kanan dan bilik kanan terdapat valvula trikuspidalis.
  • pembuluh darah berfungsi mengalirkan darah. pembuluh darah terdiri dari pembuluh nadi, pembuluh balik, pembuluh kapiler. pembuluh nadi membawa darah keluar dari jantung, berdinding tebal, dan elastis. pembuluh kapiler sangat halus dan langsung berhubungan dengan sel-sel dalam jaringan tubuh.
  • sistem peredarah darah manusia merupakan sistem peredarah darah tertutup dan ganda. disebut peredaran darah ganda karena darah ke jantung dua kali dalam satu kali peredaran darah.
  • golongan darah dibagi menjadi golongan darah A,B, AB, dan O. Penggolongan ini berdasarkan perbedaan aglutinogen dan aglutinin yang terdapat dalam darah
  • kelainan dan penyakit pada sistem peredarah darah manusia antara lain anemia, thalasemia, hemofilia, leukimia, hipertensi, koronariasis, dan varises.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: