Sistem pencernaan


  • gizi yang terkandung dalam makanan harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.
  • makanan mengalami proses pencernaan agar dapat diserap oleh usus. proses pencernaan adalah proses perubahan makanan dari bentuk kasar (kompleks) menjadi bentu yang halus (sederhana) sehingga dapat diserap usus. proses pencernaan pada manusia dibedakan menjadi perncernaan secara mekanik, dan pencernaan secara kimiawi. pencernaan secaraan secara mekanik yaitu mengubah makanan menjadi halus. sedangkan perncernaan kimiawi, yaitu pencernaan dengan batuan enzim.
  • fungsi makanan adalah sebagai sumber energi, sebagai bahan pembangun tubuh, sebagai pengatur proses dalam tubuh dan pelindung tubuh.
  • makanan sumber energi adalah karbohidrat dan lemak. makanan sebagai bahan pembangun tubuh dalah protein. makanan sebagai pengatur dan pelindung tubuh adalah mineral, vitamin dan air.
  • ASI merupakan makanan pertama dan terbaik bagi bayi.
  • bahan tambahan makanan yang dapat mengganggu kesehatan manusia meliputi bahan pewarna, bahan pengawet, bahan pemanis buatan, dan bahan penyedap rasa.
  • alat pencernaan makanan manusia terdiri dari saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. saluran pencernaan terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. kelenjar pencernaan terdiri dari kelenjar ludah, kelenjar getah lambung, hati dan pankreas.
  • beberapa kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yaitu diare, sembelit, tukak lambung, radang usus buntu, dan radang pada dinding lambung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: