Perubahan dan Pencemaran Lingkungan


Sistem lingkungan atau ekosistem memiliki daya lenting lingkungan dan daya dukung lingkungan untuk menuju ke keseimbangan lingkungan. Karena perkembangan iptek, populasi manusia terus bertambah dan industrialisasi terus berkembang. Akibatnya terjadi pperusakan lingkungan, pencemaran industri, pencemaran limbah manusia dan muncul bahan sintetik. Dampaknya terjadi kerusakan lingkungan dan pencemaran. Keduanya merupakan pencemaran lingkungan yang pokok. Penyebabnya adalah perkembangn populasi manusia dan iptek. Terjadinya di tingkat lokal, regional, nasional, dan global.

Pencemaran yang timbul akibat kegiatan manusia tidak dapat dicegah namun dapat dikendalikan. Bahn pencemar (polutan) dapat bergerak kemana-mana, mengikuti rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan daur biogeokimia. Macam pencemaran: udara, air, tanah, suara, biologis, radioaktif, dan sebagainya. Sumber pencemaran: limbah pertanian, limbah rumah tangga, limbah industri serta perbuatan-perbuatan yang merugikan lingkungan.

dampak dari pencemaran lingkungan: punahnya spesies, peledakan hama dan penyakit, keseimbangan lingkungan terganggu, kesuburan tanah berkurang, muncul keracunan, dan penyebaran penyakit, muncul permasalahan global yaitu efek rumah kaca dan pembentukan lubang ozon. Melalui rantai makanan dan jaring-jaring makanan, bahan pencemar dapat mengalami pemekatan hayati.

Dampak dari intensifikasi pertanian:

  • Perendaman tanah dengan air dapat menghilangkan nutrien tanah
  • Pemupukan dapa menyebabkan tanah menjadi asam, menyuburkan perairan (eutrofikasi), dan membahayakan kesehatan
  • Penyemprotan insektisida dapat menyebabkan pencemaran lingkungan
  • Penanaman monokultur menyebabkan lingkungan pertanian menjadi kurang mantap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: