Ciri-ciri Makhluk Hidup


Ciri-ciri makhluk hidup dapat digunakan untuk membedakan makhluk hidup dengan makhluk tak hidup.

  • Bernapas. makhluk hidup bernapas untuk memperoleh oksigen dengan cara berbeda-beda.Alat pernapasannya juga berbeda antara hewan darat (umumnya paru-paru) dan hewan air (umumnya kulit dan insang). Tumbuhan bernapas melalui stomata dan lentisel. Hasil oksidasi biologi adalah energi. Sisa pembakarannya berupa gas karbondioksida dan uap air.
  • Bergerak. Tumbuhan dan hewan bergeran dengan cara berbeda. Tumbuhan biasanya bergerak dipengaruhi rangsang. hewan biasanya dengan anggota gerak tangan dan kaki.
  • Menerima dan mereaksi rangsang (Iritabilitas). Makhluk hidup peka terhadap rangsang karena memiliki indera penerima rangsang. Rangsang yang direspon hewan dan manusia umumnya berupa sentuhan, zat kimia, panas, cahaya matahari, dan suara. Tumbuhan hanya memerespon rangsang tertentu seperti sentuhan dan cahaya matahari.
  • Memerlukan makanan (nutrien). ¬†makanan hewan dan manusia tidak apat diproduksi sendiri (heterotrof), sedangkan tumbuhan bisa memproduksi makanan sendiri (autotrof)
  • Mengeluarkan zat sisa (ekskresi).Pada hewan dan manusia alatnya berupa organ ginjal (utama), paru-paru, dan kulit tergantung zat yang akan diekskresikan. Pada tumbuhan melalui celah di dahan, batang maupun daun.
  • Tumbuh dan berkembang. ¬†Pertumbuhan ditandai pertambahan jumlah dan volume sel.. perkembangan adalah proses menuju kedewasaan.
  • Berkembang biak (Reproduksi). Perkembangbiakan dibedakan menjadi 2 macam yaitu seksual dan aseksual.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: